Selasa, 30 April 2013

Sekapur Sirih

Tulisan curhat laboran berprestasi disadur dari blog pribadi saya sebagai laboran yang juga tengah semangat menulis tentang keluarga samara, yang merupakan pengalaman baru saya. Menjadi laboran laboratorium Kimia Biologi telah saya lakoni sejak akhir tahun 2008. Nurul Fikri Boarding School adalah tempat awal saya meniti karir tersebut.

Tulisan tersebut, bukan bermaksud untuk menunjukkan simbol prestasi yang mengarah pada kebanggaan diri, akan tetapi lebih kepada motivasi bagi pembaca, terlebih lagi motivasi untuk diri saya sendiri. Saya sendiri tidak pernah menyangka akan menyabet prestasi dalam lomba tersebut. Membayangkan akan adanya lomba seperti itu saja belum pernah. Saya hanya mengalir bersama apa yang saya jalani, berusaha menemukan kenikmatan dalam pekerjaan yang saya jalani saat itu, yang sempat membuat saya merasa berada pada titik jenuh. Hingga akhirnya saya menemukan satu demi satu kepingan inspirasi tentang apa yang harus saya kerjakan dan apa yang harus saya capai. 
Benarlah apa yang pernah dikatakan oleh seseorang, ketika saya bertanya, apa yang bisa saya lakukan di laboratorium? Jawab beliau, "Masuk dan temukanlah apa yang bisa kamu kerjakan di sana."
Kata-kata itu betul-betul menginspirasi saya untuk menemukan pekerjaan yang bisa saya lakukan, sekaligus menentukan target dan tujuan yang ingin dicapai. Dari situlah, saya merasakan kebebasan dalam berkreasi, seolah saya adalah pemimpin sekaligus bawahan dalam pekerjaan saya. 

Tidak ada komentar: